Layout and Pencetakan Peta - ArcView Tutorial
Layout and Pencetakan Peta

Pembuatan layout peta merupakan pekerjaan terakhir setelah input data, editing data, analisis data, penambahan label, dan pengaturan legenda daftar isi telah dilakukan. Melalui fasilitas layout kita dapat membuat dan mengatur data mana saja yang akan digunakan sebagai output dan bagaimana data tersebut akan ditampilkan. Kita dapat menambahkan view, tabel, grafik, objek grafis, atau gambar yang diimport dari aplikasi lain ke dalam layout.

Layout bersifat dinamis, artinya kompenen pada layout akan berubah apabila kita mengadakan perubahan terhadap komponen tersebut. Misalnya view yang digunakan pada layout akan berubah bentuk tampilannya apabila kita mengadakan perubahan pada window view tersebut.

Layout dapat dibuat dengan berbagai variasi sesuai dengan pemanfaatnnya. Layout yang dirancang untuk tujuan pencetakan peta mungkin mempunyai bentuk yang berbeda dengan layout yang dibuat tujuan presentasi misalnya.

Layout yang telah dibuat dengan baik, dapat dicetak langsung ke printer atau ploter, atau diekspor ke format citra lain untuk digunakan pada aplikasi lain.