Menambahkan Grid pada Layout - ArcView Tutorial
Menambahkan Grid pada Layout

Istilah Grid pada layout diartikan sebagai garis vertikal dan horisontal yang sejajar garis lintang dan bujur. ArcView me?nyediakan modul untuk membuat grid dengan baik. Namun kita harus mengaktifkan ekstensi Graticules and Measured Grids terlebih dahulu agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan. Gunakan menu File - Extensions. Pada kotak dialog Extension aktifkan kotak cek di depan modul Graticules and Measured Grids seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik OK.

Gambar 11.8. Kotak dialog Extention.

Apabila ekstensi ArcView tersebut telah diaktifkan, maka satu toolbar Graticules and Grids () akan bertambah di bagian kanan atas. Klik toolbar tersebut untuk memulai membuat grid, Wizard berikut akan tampil.

Gambar 11.9. Langkah pertama pembuatan Grid.

Pilih frame view yang akan diisi grid, dalam contoh ini pilihlah Bali, dan aktifkan kotak cek Create a measured grid. Klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Gambar 11.10. Langkah kedua pembuatan Grid.

Beberapa isian yang perlu dilengkapi pada langkah yang kedua ini adalah :

1. Isikan jarak antar garis pada isian Enter a grid interval. Satuannya adalah unit peta yang diatur pada properti view. Pada contoh ini dipakai 40.000.

2. Model grid ada 2 macam, yaitu tanda plus (+) atau tic pada setiap perpotongan garis vertikal dan horisontal, dan yang kedua garis lurus. Contoh ini menggunakan Tic mark.

3. Lebar garis dapat dipilih pada Grid line width (pts) dalam satuan point. Standarnya adalah 0.1 point.

4. Warna garis dan label nilai koordinat juga dapat diatur pada Grid and label color. standarnya adalah hitam.

5. Jenis huruf (font) untuk nilai koordinat dapat dipilih pada daftar pilihan Label font.

6. Ukuran dan style label dapat diatur pada Label size (pts) dan Label text style.

7. Anda dapat mengklik Preview untuk melihat hasilnya di window layout. Bila belum sesuai dengan kebutuhan, klik Remove. Walaupun tampilan telah sesuai dengan keinginan, klik juga Remove agar kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menambah model pengaturan yang lain.

Klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Kotak dialog berikut akan tampil.

Gambar 11.11. Langkah ketiga pembuatan Grid.

Border around the viewframe sebaiknya diaktifkan, sementara Border around the graticule /grid jangan diaktifkan agar garis border tidak double. Align labels to border sebaiknya diaktifkan karena label koordinat akan dibuat tegak pada bagian samping kiri dan kanan sehingga tampilan menjadi lebih bagus. Pilihan yang lain digunakan nilai standar, klik Preview untuk melihat hasilnya. Bila belum cocok klik Remove dan ulangi melakukan pengaturan. Klik Preview dan Finish bila pengaturan telah sesuai dengan kebutuhan. Tampilan layout akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Gambar 11.12. Tampilan layout setelah ditambahkan grid.

Walaupun grid telah selesai dibuat, kita masih dapat memperbaikinya, misalnya mengubah ukuran garis atau label. Caranya adalah klik 2 kali pada kotak grid. Pengaturan garis dan font akan muncul seperti kotak dialog berikut.

Gambar 11.13. Kotak dialog pengaturan garis dan teks.

Untuk mengatur garis klik toolbar pensil, sedangkan pengaturan font klik toolbar ABC.