Template Layout - ArcView Tutorial
Template Layout

Apabila anda membuat peta dengan model yang sama berulang-ulang, anda dapat menyimpan pengaturan ini sebagai template. Pada posisi layout sedang aktif, gunakan menu Layout - Store As Tempate untuk menyimpan model pengaturan layout tersebut, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 11.38. Kotak dialog template properties.

Isikan nama template pada Name pada contoh ini diisi dengan nama ?Bali?. Anda dapat memilih icon untuk tempate, anda dengan mengklik Select dan pilih icon yang dianggap mewakili tempate anda. Klik OK Bila telah selesai.

Apabila telah disimpan, anda dapat menggunakan tempate tersebut bila membuat layout baru. Untuk menggunakan template, dari menu Layout pilih Use Template. Kotak dialog Template Manager akan tampil sebagai berikut.

Gambar 11.39. Kotak dialog Template Manager.

Pilih template yang akan digunakan. Klik OK. Disamping template yang anda buat ArcVew juga telah menyediakan beberapa template. Anda juga dapat menghapus template yang ada pada daftar tersebut dengan mengklik Delete atau mengubah nama atau icon dari template yang telah ada dengan memilih Edit.