Pemilihan Theme - ArcView Tutorial
Pemilihan Theme

Sebelum kita melakukan perlakuan terhadap suatu theme apakah mengatur propertinya, mengedit, menghapus dan sebagainya, maka theme tersebut harus dipilih atau ditandai terlebih dahulu. Anda dengan mudah dapat memilih theme dengan cara mengklik nama theme-nya. Theme yang telah dipilih akan tampak lebih menonjol dan dikelilingi segi empat. Contoh dibawah ini adalah theme Jln_bali.shp yang sedang dipilih.

Gambar 3.13. Theme Jln.bali yang sedang ditandai.

Tidak ada perubahan apa-apa terhadap tampilan view. Namun ArcView telah mencatat theme mana yang sedang dipilih atau sedang aktif. Hal ini ditunjukkan oleh menu yang berkaitan dengan manipulasi theme. Pada saat tidak ada theme yang dipilih, hampir semua menu yang berkaitan dengan theme tidak diaktifkan. Sebalikknya pada saat theme dipilih, hampir semua menu theme dapat digunakan. Perhatikan perbedaan menu Theme berikut ini, ketika theme tidak diaktifkan dan pada saat diaktifkan.

a b

Gambar 3.14. Perbedaan menu theme, (a) tidak ada theme yang dipilih, (b) theme dipilih.

Dalam waktu yang bersamaan anda dapat memilih lebih dari satu theme, dengan cara menekan tombol Shift melalui keyboard sambil meng-klik nama theme yang dipilih. Bila anda tidak jadi memilih theme yang telah terpilih, tekan tombol Shift dan klik nama theme tersebut.