Menyimpan Workspace - Mapinfo Professional Tutorial
Menyimpan Workspace

Bila tabel ditutup dengan menu File - Close Table atau File - Close All, maka MI Pro tidak akan menyimpan layout tampilan data sehingga bila kita membuka data tersebut berikutnya, kita harus mengatur ulang model tampilan tersebut. Untuk itu kita perlu menyimpan model tampilan data dengan menyimpan workspace (wor). Penyimpanan Workspace dapat dilakukan dengan memilih menu File - Save Workspace. Kotak dialog Save Workspace akan muncul. Isilah nama file pada kota File name. Pada contoh ini diisi dengan nama 'Tampilan Data'. Klik Save untuk menutup kotak dialog dan menyimpan workspace.

Gambar 4.10. Kotak dialog Save Workspace.

Bila dilakukan penyimpanan Workspace, MI Pro akan mencatat tabel yang terbuka, model dan posisi tampilan, system koordinat, dll. Bila file Workspace dibuka dengan perintah File - Open, maka tabel secara automatis akan dibuka dan model tampilan akan disesuaikan dengan kondisi pada saat penyimpanan. Perlu diingat bahwa pada saat membuka file workspace, pilihlah Workspace (*.wor) pada kotak pilihan File of type agar file-file workspace ditampilkan pada daftar file.

File Workspace (*.wor) sebenarnya adalah teks file yang berisikan kumpulan perintah Map Basic. Map Basic adalah bahasa pemrograman internal MI Pro. Bila anda ingin melihat isi file tersebut, anda dapat membuka pada sembarang program teks editor atau word processing. Pada gambar berikut ini ditampilkan isi file 'Tampian Data.wor' yang dibuka dengan Notepad.

Perlu dicatat bahwa tampilan grafik (graph) disimpan pada Workspace tersendiri. Lihat Bab Membuat Grafik untuk penjelasan lebih rinci.

Gambar 4.11. Tampilan teks file workspace dalam bahasa map basic.