Properti Pengotrol Layer - Mapinfo Professional Tutorial
Properti Pengotrol Layer

Di sebelah kanan daftar layer, ada beberapa kotak cek. Arti dari setiap kotak cek tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 5.1. Macam-macam propeti layer.

No

Kotak Cek

Penjelasan

1

Visible

Default-nya setiap layer ditampilkan. Untuk membuat layer tidak tampil di layar hilangkan tanda rumput pada kotak cek tersebut. Cosmetic layer selalu visible.

2

Editable

Default-nya setiap layer tidak dapat diedit (not editable). Ini berarti anda tidak dapat mengadakan perubahan terhadap layer tersebut, seperti mengubah bentuk, menghapus maupun menambahkan objek dalam layer. Agar objek pada layer dapat dimodifikasi, aktifkan kotak cek editable. Dalam waktu yang bersamaan, hanya ada satu layer yang dapat diedit (editable).

3

Selectable

Default-nya setiap layer selectable (dapat dipilih), yang artinya kita dapat menandai komponen layer tersebut untuk proses lebih lanjut. Penjelasan lebih detail tentang pemilihan data akan dibahas pada bab Memilih Data.

4

Label

Bila kotak cek ini diaktifkan maka peta akan diisi label secara automatis. Bab Melabeli Peta akan membahas lebih detail tentang label peta.

Selain menggunakan kotak cek editable, perubahan properti layer menjadi editable dapat pula dilakukan melalui baris status asalkan ada window peta yang aktif. Klik pada baris status dengan tulisan Editing: none untuk menampilkan daftar layer yang ada, kemudian pilih layer yang akan diaktifkan. Perhatian gambar di bawah ini.

Gambar 5.10. Edit layer melalui baris status.

Sekali lagi fasilitas ini tersedia bila yang aktif adalah window peta.