Layer Kosmetik - Mapinfo Professional Tutorial
Layer Kosmetik

Layer kosmetik selalu ada pada setiap peta dan ditempatkan di urutan paling atas pada kotak dialog layer control. Kita dapat melakukan editing atau selecting pada layer kosmetik. Namun kita tidak dapat memindahkan susunan, menghapus dari daftar, dan menonaktifkan layer kosmetik (selalu visible). Ketika layer kosmetik dipilih, beberapa pelihan menu pada layer kontrol tidak aktif seperti pengaturan tampilan, layer, zoom, dan label. Perhatikan kotak dialog berikut.

Gambar 5.23. Kotak dialog Layer Control.

Layer kosmetik digunakan sebagai tempat untuk menyimpan judul peta dan asesoris peta yang lain selama proses pembuatan layout peta. Layer kosmetik dapat diilustrasikan seperti pada gambar berikut.

 

Gambar 5.24. Contoh tampilan layer kosmetik dan layer peta.

Agar anda bisa menambah, mengedit, atau menghapus objek pada layer kosmetik, hendaknya layer kosmetik dibuat editable melalui kotak dialog layer kontrol. Bila anda sempat menambahkan objek pada layer kosmetik, untuk menghapus semua objek tersebut, gunakan menu Map - Clear Cosmetic Layer. Bila layer kosmetik belum sempat disimpan, akan muncul konfirmasi berikut.

Gambar 5.25. Pesan yang muncul bila layer kosmetik belum disimpan.

Pilih Discard untuk mengkonfirmasi bahwa anda yakin akan menghapus dan tidak menyimpan, atau klik Cancel untuk membatalkan.

Perlu diingat bahwa kosmetik layet tidak dismpan secara automatis bila anda keluar dari window peta. Kosmetik layer dapat disimpan melalui dua cara. Pertama melaui menu File - Save Workspace, kedua dengan menu Map - Save Cosmetic Objecs. Bila anda menggunakan cara kedua, anda dapat menyimpan kosmetik layer pada tabel baru atau pada tabel yang sedang aktif lainnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 5.26. Kotak dialog Save Cosmetic Objects.

Pilih New untuk menyimpan pada tabel yang baru atau pilih salah satu tabel yang ada untuk menggabungkan kosmetik layer pada tabel tersebut, lalu klik Save. Bila anda memilih New, isikan dengan nama tabelnya bila kotak dialog Save Objek to Table muncul.