Label Automatis - Mapinfo Professional Tutorial
Label Automatis

Pemberian label secara automatis dapat dilakukan melalui layer control. Sebagai latihan, kita akan menggunakan tabel Bali. Urutan kerja pemberian label automatis adalah sebagai berikut.

1.    Buka tabel Bali melalui File - Open.

2.    Pilih menu Map - Layer Control, kotak dialog berikut muncul.

Gambar 8.1. Kotak dialog Layer Control.

3.    Untuk menampilkan label secara automatis maka aktifkan kotak cek yang paling kanan pada layer Bali seperti gambar di atas. Properti label perlu diatur agar sesuai dengan kebutuhan dengan mengklik Label yang ada disamping kanan. Kotak dialog label option akan tampil seperti gambar berikut.

Gambar 8.2. Kotak dialog Label Option.

4.    Aturlah properti label sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini diberikan penjelasan tentang opsi label yang perlu diatur.

a.    Label with adalah field atau kolom yang akan digunakan sebagai label. Anda dapat menggunaian ekspresi pada pilihan paling bawah sebagai teks label.

b.    Visibility menentukan apakah label akan ditampilkan pada peta atau tidak. On berarti label akan ditampilkan, Off artinya tidak akan tampil, dan Display with range berarti label baru akan ditampilkan bila layer di-zoom pada kisaran yang ditentukan.

c.     Allow duplicate text, bila kotak cek ini diaktifkan maka MI Pro akan mengijinkan label yang sama ditampilkan lebih dari satu kali.

d.    Allow Overlapping Text, mengijinkan label yang satu dengan yang lainnya overlap.

e.    Label Partial Objects, label biasanya ditempatkan pada centroid (pusat) objek. Bila objek tampak hanya sebagian di layar dan centroid tidak tampil, maka label tetap akan ditampilkan bila kotak cek ini diaktifkan.

f.     Maximum Labels, jumlah maksimum label yang akan ditampilkan.

g.    Style, mengatur format font label, bila di klik kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 8.3. Kotak dialog text Style.

Pada kotak style ini kita dapat mengatur jenis font, ukuran, warna, dan asesoris lainnya.

h.    Label Lines, ada tidaknya callout atau garis penghubung antara centroid dengan label. None tidak ada garis, Line ada garis penghubung, Arrow ada garis dengan tanda panah. Anda dapat mengatur warna dan tebal garis yang digunakan dengan mengklik tanda silang yang ada di sebelah kanannya, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 8.4. Kotak dialog Line Style.

i.      Position, menyatakan letak label dari pusat (centroid). Tanda belah ketupat menyata?kan pusat, dan segi empat adalah label. Pilih dalah satu dari 9 pilihan yang ada.

j.     Rotary Label with Line, Ini hanya berlaku bagi label garis. Bila kotak cek diaktifkan maka label akan dibuat sejajar dengan objek garis.

k.    Label Offet, jarak dari centroid ke label dengan satuan point.

Pengaturan properti label di atas juga berlaku untuk pembuatan label dengan jalan interaktif.

Pada contoh ini kita akan mengisi label nama kabupaten dan kepadatan penduduknya (jiwa/km2). Beberapa properti yang perlu di atur adalah :

1.    Pada pilihan Label with, pilih Expression dan isikan kotak ekpresi seperti berikut :

Gambar 8.5. Kotak dialog ekspresi.

2.    Agar semua label ditampilkan, aktifkan kotak cek Allow Overlapping text.

3.    Ubah ukuran huruf dari 9 point menjadi 7 agar label ditampilkan lebih kecil.

4.    Bila pengaturan telah selesai, klik OK dua kali, hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini

 

Gambar 8.6. Pemberilan label secara automatis.

Untuk menon-aktifkan label, pada layer control hilangkan tanda rumput di bawah label (kotak paling kanan) pada layer Bali.