Database and Tabel - Mapinfo Professional Tutorial
Database and Tabel

Database adalah kumpulan informasi yang terorganisasi sehingga dapat diakses oleh komputer. Database dalam MI Pro mengacu pada tabel. Ada tiga konsep dasar yang mesti dipahami dalam tabel MI Pro, yaitu Record, Field, dan Index. Berikut ini ditampilkan daftar alamat yang disusun dalam bentuk tabel.

Tabel 9.1. Contoh tabel sederhana

Nama

Alamat

Kota

Telpon

Anik Andriani

Jl. Patimura 23

Jakarta

(021) 2463251

Totok Gunawan

Jl. Kaliurang km 5

Yogyakarta

(0274) 236524

Joudie Luntungan

Jl. Diponegoro 37

Menado

(0431) 54291

Komang Suantara

Jl. Sudirman 45

Denpasar

(0361) 465324

Muhamad Ali

Jl. Tanjung Seng 27

Palu

(0451) 27154

Setiap baris dalam tabel di atas mengandung satu informasi seseorang. Dalam konteks database setiap baris adalah record. Setiap record mengandung beberapa informasi yang berbeda dari seseorang. Informasi yang berbeda tersebut disebut dengan field. Satu kolom adalah satu field. Tabel di atas terdiri dari 4 field, yaitu nama, alamat, kota, dan telpon.

Bila kita malakukan entry data atau record ke dalam suatu tabel, record yang dientry pertama akan menempati baris pertama, record kedua berada pada baris kedua dan seterusnya sampai pada record yang dimasukkan terakhir akan menempati baris terakhir. Bila jumlah data banyak, pencarian satu record tertentu akan menjadi lama. Oleh sebab itu, tabel perlu di-index.

Index dalam tabel Mi Pro mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan index di dalam suatu buku. Dengan melihat index suatu buku kita akan dengan mudah menemukan halaman yang kita inginkan. Dalam aplikasinya index tabel MI pro mempunyai paling tidak 2 fungsi. Pertama, fasilitas pencarian (find) dapat digunakan apabila tabel diindex, dan kedua mempercepat kemampuan perintah SQL dan Join. Cara membuat index tabel akan dibahas pada subbab di bawah ini.