Membuat Tabel Baru - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Tabel Baru

Menampilkan dan menyimpan data yang berasal dari sumber lain (dBase, Microsoft Excel, Microsoft Access) ke dalam format tabel MI Pro telah kita bahas pada Bab Menampilkan data. Kini kita akan belajar membuat tabel baru di MI Pro. Perlu diingat bahwa pembuatan tabel merupakan tahap awal entry data dalam MI Pro. Data grafis (titik, garis, area) yang terhubung dengan data dalam tabel diinput setelah struktur tabel dibuat.

Untuk membuat tabel baru dalam MI Pro, ikuti langkah-langkah berikut :

1.    Pilih menu File - New Table, kotak dialog pembuatan tabel baru akan muncul.

Gambar 9.1. Kotak dialog membuat tabel baru.

Pada kelompok Create New Table and, ada kotak cek :

-         Open New Browser artinya ketika struktur tabel selesai dibuat, MI Pro akan membuka browser (tempat menampilkan data tabular) kosong untuk menampilkan data dalam tabel yang akan dibuat.

-         Open New Mapper, MI Pro akan membuka satu mapper (tempat menampilkan data grafis/peta) baru.

-         Add to Current Mapper, menambahkan tabel yang baru dibuat sebagai layer pada peta yang sedang aktif. Tabel akan mempunyai proyeksi yang sama dengan peta yang sedang aktif.

Ada dua pilihan pada Table Structure.

-         Create New, membuat struktur tabel baru.

-         Using Table, menggunakan struktur tabel yang telah ada, dan pilih tabel yang akan digunakan strukturnya.

2.    Untuk latihan, aktifkan kotak cek Open New Mapper pada kelompok Create New Table and, dan pilih Create New pada Table Structure. Kemudian pilih Create. Kotak dialog New Table Structure akan muncul.

a b

Gambar 9. 2. (a) Kotak dialog membuat struktur tabel, (b) Daftar pilihan tipe data.

3.    Tambahkan beberapa field sesuai dengan kebutuhan.

-         Isikan nama field, tipe data, dan lebar field pada Field Information Kemudian klik Add Field untuk menambahkan field yang baru dibuat ke kotak daftar field.

-         Aktifkan kotak cek Indexed di bagian kanan daftar field, bila tabel yang dibuat di-index menurut field tersebut. Satu tabel dapat dibuat field index sampai 29. Standarnya (default), semua field tidak diindex.

-         Untuk mengubah urutan field yang telah dibuat gunakan Up dan Down.

-         Bila ada field yang salah masuk, gunakan Remove field untuk menghapus.

-         Agar data grafis dapat ditambahkan pada tabel tersebut, yakinkan bahwa kotak cek Table is Mappable telah diaktifkan. Karena pada kotak dialog New Table, kita telah menentukan pilihan Open New Mapper maka pilihan Table is Mappable adalah disable dan selalu kotak cek tersebut dalam keadaan dipilih. Namum bila pada kotak dialog New Table kita pilih Open New Browser, maka kotak cek ini dapat diedit.

-         Klik Projection untuk menentukan proyeksi yang akan digunakan pada data grafis atau peta yang akan dinput.

Macam-macam tipe field yang ada diuraikan di bawah ini.

-         Character, menyimpan sampai 254 data alfanumerik, dapat berupa huruf, angka dan tanda baca. Tidak dapat dilakukan operasi aritmatika pada tipe data ini.

-         Decimal, menyimpan angka dalam bentuk desimal yang dapat dikalkulasi dengan panjang tetap. Tanda desimal menempati satu karakter. Misalnya data bertipe desimal dengan panjang (width) 10 dan desimal 3, maka angka tertinggi yang dapat disimpan 999999.999.

-         Integer, menyimpan data dengan nilai bulat (tanpa desimal) dengan kisaran -2 miliar sampai +2 miliar.

-         Small Integer, bilangan integer dari -32768 sampai +32768.

-         Float, menyimpan angka dengan panjang tidak tetap (sesuai dengan panjang data yang di-entry) dalam bentuk desimal.

-         Date, menyimpan data tanggal, sesuai dengan pengaturan pada Windows Control Panel di Setting Regeonal, Short Date Format.

-         Logocal, data ini mengandung informasi Benar/Salah atau Ya/Tidak, disimpan dalam bentuk T untuk Benar/Ya, dan F untuk Salah/Tidak.

4.    Bila semua field yang diperlukan sudah dibuat, selanjutnya klik Create untuk menyimpan tabel tersebut. Kotak dialog berikut akan muncul.

a b

Gambar 9. 3. (a) Kotak dialog penyimpanan tabel baru dan (b) daftar pilihan format data.

Isikan nama file tabel pada kotak File name dan format data pada Save as type. Untuk contoh ini digunakan format data MapInfo (*.tab).

Perlu dicatat bahwa jangan menggunakan nama 'Districts' sebagai nama tabel karena nama tersebut digunakan secara internal oleh MI Pro dalam proses Redistrict.

5.    Pilih Save bila pengaturan telah selesai dilakukan. Sampai disini proses pembuatan tabel baru, telah selesai. Selanjutnya kita dapat menambahkan data dalam tabel tersebut baik data tabular maupun data grafis. Penambahan data grafis pada window mapper secara automatis akan menambah data atributnya.

Walaupun tabel telah selesai dibuat dan sebagian data telah dimasukkan, anda tetap dapat memodifikasi struktur tabel tersebut. Gunakan menu Table - Maintenance -Table Structure. Bila lebih dari satu tabel yang sedang aktif, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Gambar 9.4. Kotak dialog View/Modify Table Structure.

Pilih tabel yang akan dimodifikasi strukturnya, lalu pilih OK. Kotak dialog Modify Structure akan tampil seperti pada gambar berikut.

Gambar 9.5. Kotak dialog Modify Table Structure.

Lakukanlah perbaikan sesuai dengan kebutuhan, lalu pilih OK.