Menggandakan dan Mengganti Nama Tabel - Mapinfo Professional Tutorial
Menggandakan dan Mengganti Nama Tabel

Pada bab Dasar-dasar Pemetaan Digital telah dibahas bahwa satu tabel MI Pro terdiri dari beberapa file. File-file tersebut harus dalam satu direktori/folder. Bila kita menggandakan tabel MI Pro atau membuat backup pada drive, disk atau direktori yang berbeda, maka seluruh file yang menjadi komponen tabel tersebut harus diikut sertakan. Misalnya anda akan menggandakan tabel 'Customer', maka file-file yang harus ikut digandakan adalah customer.tab, customer.dat, customer.map, customer.id, dan costomer.ind bila tabel tersebut terindex.

Sama halnya dengan menggandakan tabel, mengganti nama tabel juga harus dilakukan untuk seluruh file komponen tabel. Disarankan untuk menghindari penggantian nama file tabel melalui DOS command. Untuk mengganti nama tabel, gunakan perintah MI Pro berikut.

-         Pilih menu Table - Maintenance - Rename Table, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 9.6. Kotak dialog Rename Table.

Pilih salah satu tabel yang akan diganti namanya, kemudian klik Rename, kotak dialog selanjutnya akan tampil seperti di bawah ini.

Gambar 9.7. Kotak dialog input nama baru dalam Rename Table.

Isikan dengan nama yang baru, lalu pilih Save. Penggantian nama tabel dengan cara ini, secara automatis akan mengganti semua komponen file tabel tersebut.

Perlu diingat bahwa penggantian nama tabel akan berpengaruh terhadap file workspace (.wor) yang menggunakan nama tabel terdahulu. Untuk itu, agar tidak terjadi error karena file tabel yang dicari tidak ditemukan, maka disarankan juga untuk mengedit file workspace melalui teks editor atau word processor dengan mengganti nama tabel yang telah berubah. Atau ganti nama file tabel terlebih dahulu sebelum membuat file workspace.