Menampilkan Informasi Data Grafis pada Kolom - Mapinfo Professional Tutorial
Menampilkan Informasi Data Grafis pada Kolom

Data tabular selalu terkoneksi dengan data grafis atau peta. Tetapi informasi data grafis biasanya tidak ditampilkan secara eksplisit pada window browser. Namun demikian, bila diperlukan kita dapat menampilkan parameter data grafis pada kolom data tabular. Informasi data grafis tersebut adalah titik tengah objek (centroidX dan centroidY) untuk semua macam data grafis, keliling dan luas untuk data grafis area (poligon), dan panjang untuk data grafis garis (line dan polyline). Lihat bab 'Membuat Ekspresi' untuk penjelasan lebih detail tentang fungsi-fungsi yang berhubungan dengan objek (data grafis).

Di bawah ini kita akan menambahkan informasi luas (dalam ha) masing-masing kabupaten pada tabel 'Bali'. Ikutilah langkah-langkah berikut.

1.    Tutup semua pekerjaan sebelumnya dengan memilih menu File - Close All. Kemudian buka tabel 'Bali'

2.    Modifikasi struktur tabel Bali tersebut, tambahkan satu field lagi dengan nama 'Luas_Ha', tipe desimal, lebar 10, dan desimal 2.

3.    Klik menu Table - Update Column, isilah kotak dialog update column seperti pada gambar di bawah ini.

 

Gambar 9.17. Kotak dialog Update Column.

4.    Klik Assist untuk memudahkan pembuatan ekspresi dan mengisi nilai Value seperti gambar berikut. Perlu dicatat bahwa nama kolom untuk objek grafis adalah 'obj'. Lihatlah bab 'Membuat Ekspresi' untuk penjelasan lebih detail dalam cara membuat ekspresi.

Gambar 9.18. Kotak dialog Ekpresi.

5.    Pilih OK bila telah selesai. Hasilnya akan nampak sebagai berikut.

Gambar 9.18. Hasil pengisian kolom luas melalui update kolom.