Agregasi Data - Mapinfo Professional Tutorial
Agregasi Data

Banyak masalah yang bisa dijawab dengan fasilitas agregasi data MI Pro ini. Misalnya berapa jumlah penduduk yang terkena banjir. Dalam kasus ini diperlukan dua tabel, yaitu tabel jumlah penduduk dan tabel daerah banjir, kemudian dilakukan join antar 2 tabel. Dengan mengetahui kawasan banjir melalui tabel banjir, secara proporsional dapat diketahui jumlah penduduk di kawasan banjir dari tabel penduduk. Tentu dengan asumsi bahwa penduduk menyebar secara merata di kawasan tersebut.

Contoh lain, bila kita akan mendirikan supermarket, dan kita telah mempunyai 5 lokasi strategis. Sekarang kita akan memilih dari kelima lokasi itu, mana yang memberikan peluang terbaik. Dengan menggunakan ekspresi agregasi rata-rata tertimbang secara proporsional antara jumlah penduduk pada radius tertentu pada masing-masing lokasi tersebut dan jumlah penghasilannya dapat ditentukan lokasi yang paling strategis.

Di bawah ini, kita akan menggunakan contoh kawasan yang terkena lahar Gunung Agung dan jumlah penduduk Bali untuk menghitung berapa RT yang terkena lahar letusan Gunung Agung. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buka tabel Bali dan Lahar_Gunung_Agung. Tampilan data grafis tersebut pada window peta adalah sebagai berikut.

Gambar 9.19. Kawasan letusan Gunung Agung.

2. Ambil menu Table - Update Column. Atur isian pada kotak dialog update kolom sehingga seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 9.20. Kotak dialog Update Column

Yakinkan bahwa pada Join antar 2 tabel menggunakan operator geografi intersect seperti pada gambar berikut ini.

Gambar 9.21. Join antar tabel Bali dan Lahar_Gunung_Agung dengan Intersect.

3. Pilih OK bila pengaturan telah selesai, hasil dari agregasi data tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Gambar 9.22. Hasil Agregasi data dengan menggunakan ekspresi agregasi Proporsional Sum.

Dari gambar tersebut di atas, dapat diketahui bahwa luas lahar Gunung Api adalah 48.245,73 ha dan jumlah rumah tangga yang terkena lahar adalah 58.092. Bila anda ingin menyimpan hasil ini kedalam suatu tabel, gunakan menu File - Save Copy As.