Memilih Field untuk Ditampilkan - Mapinfo Professional Tutorial
Memilih Field untuk Ditampilkan

Bila suatu tabel terdiri dari banyak field, untuk memfokuskan perhatian hanya pada data tertentu, kita dapat menampilkan beberapa field saja yang dianggap penting pada window browser. Disamping itu, kita dapat membuat ekspresi dan hasilnya dapat ditampilkan sebagai suatu kolom pada pada window browser. Untuk keperluan ini, kita dapat memanfaatkan fasilitas Pick Field.

Pada sesi ini kita kembali menggunakan tabel 'Bali' sebagai latihan. Tabel 'Bali' yang asli terdiri dari 5 field yaitu, Kabupaten, Pen_laki, Pen_perempuan, Total_Penduduk, dan Jumlah_RT. Dari field tersebut kita akan menampilkan field Kabupaten dan Total_Penduduk, dan 2 field hasil ekspresi, yaitu Luas_Ha, dan Kepadatan. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut.

1.    Buka tabel 'Bali', dan aktifkan browser melalui menu Window - New Browser Window.

2.    Dari menu Browse pilih Pick Fields, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 9.23. Kotak dialog Pick Fields.

Ada 2 daftar field, yaitu Field in Table yaitu field yang ada pada tabel, dan Column in Browser adalah field yang akan ditampilkan di window browser. Gunakan Add>> dan <<Remove untuk mengubah susunan field yang ada di Column in Browser sehingga mempunyai susunan field sama dengan gambar di atas.

'Luas_Ha' dan 'Kepadatan' adalah nama kolom atau field dengan masing-masing ekspresi Area(Object,"hectare") dan Total_Penduduk/Area(Object, "hectare"). Ekspresi dapat diketik langsung pada kotak Expression seperti di atas atau dengan menggunakan bantuan Assist seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 9.24. Pembuatan ekspresi melalui bantuan Assist.

3.    Bila kolom yang disusun telah selesai pilih OK. Hasil dari pilihan kolom tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar 9.25. Tampilan kolom yang dipilih melalui Pick Fields.

Perlu dicatat bahwa pemilihan field seperti di atas hanya tampilan sementara di window browser tanpa berefek terhadap tabel yang disimpan dalam disk. Bila anda menginginkan agar tampilan seperti di atas dapat disimpan dalam suatu tabel, sebaiknya anda mengggunakan fasilitas Update Column seperti telah dibahas di atas.