Menghapus Data - Mapinfo Professional Tutorial
Menghapus Data

Ada 3 hal yang akan dibahas dalam menghapus data, yaitu menghapus record, menghapus tabel, dan packing data. Menghapus record pada window browser dapat dilakukan dengan memilih record yang akan di hapus, kemudian tekan tombol 'Delete' melalui keyboard, atau pilih menu Clear dari menu Edit.

Record yang telah terhapus dapat di-undo kembali melalui menu Edit - Undo Deletion atau klik toolbar atau tekan Ctrl + Z melalui keyboard. Tetapi bila record yang dihapus betul-betul akan dihilangkan dari tabel maka tabel tersebut perlu di-Packing melalui menu Table - Maintenance - Pack Table. MI Pro akan menanyakan data yang mana saja akan di-packing, apakah data tabular, grafis, atau keduanya seperti pada gambar di bawah ini

Gambar 9.29. Kotak dialog Pack Table.

Bila kita ingin menghapus satu tabel secara keseluruhan, sebaiknya jangan menghapus melalui DOS command atau windows explorer. Disarankan menghapus tabel melalui menu Table - Maintenance - Delete Table agar file-file yang berhubungan dengan tabel tersebut dapat dihapus semua. Penghapusan tabel akan memunculkan kotak dialog berikut.

Gambar 9.30. Kotak dialog Delete Table

Pilih salah satu atau beberapa tabel yang akan dihapus kemudian pilih Delete. Bila muncul pesan berikut pilih OK.

Gambar 9.31. Konformasi penghapusan tabel.