Membuat grafik - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat grafik

Grafik merupakan penampilan data tabular dalam bentuk simbul atau gambar. Sumber data dalam pembuatan grafik berasal dari sebagian atau seluruh data tabular dalam tabel. MI Pro menyediakan 10 tipe grafik yang berbeda. Setiap tipe grafik paling tidak terdiri dari satu template grafik yang dapat digunakan sebagai basis dalam pembuatan grafik. Macam-macam grafik yang disediakan oleh MI Pro adalah grafik 3D, Area, Bar, Bubble, column, histogram, line, pie, scatter, dan surface.

Urutan kerja pembuatan grafik adalah sebagai berikut :

1. Buka tabel yang akan dijadikan data grafik. Pada contoh ini kita akan menggunakan tabel Bali.

2. Bila kita menggunakan hanya sebagian data sebagai grafik, pilih data yang akan dipakai. Anda dapat memilih data melalui window peta atau window browser. Informasi lebih detail tentang cara pemilihan data dapat dilihat pada bab 'Memilih Data'. Pada latihan ini kita akan menggunakan data empat kabupaten/kota sebagai grafik, yaitu Kabupaten Badung, Buleleng, Bangli, dan Kota Denpasar. Tampilan pilihan data tersebut pada window browser seperti pada gambar berikut.

Gambar 14.1. Pemilihan data untuk grafik.

Field atau kolom yang akan kita gunakan sebagai contoh grafik adalah penduduk laki-laki (Pen_Laki), penduduk perempuan (Pen_Perempuan), dan Total Penduduk (Total_Penduduk).

3. Pilih menu Window - New Graph Window, langkah pertama prosedur pembuatan grafik ditampilkan sebagai berikut.

Gambar 14.2. Langkah pertama pembuatan grafik.

Pilih salah satu tipe grafik yang akan dibuat, kemudian tentukan pula subtipe atau template-nya di bagian kanan. Pilih grafik Column template Clustered untuk latihan. Klik Next, langkah kedua akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Gambar 14.3. Langkah kedua pembuatan grafik.

4. Pada pilihan Table, tentukan tabel atau pilihan data (selection) yang akan digunakan sebagai data grafik. Field-field dari tabel yang dipilih akan ditampilkan pada Field from Table di bawahnya. Kita dapat menggunakan 3 sumber field/data, yaitu field itu sendiri, data turunan (ekspresi), dan field dari tabel lain (join). Tentukan field atau kolom yang akan digunakan sebagai label atau legenda pada Label with Column. Terakhir tentukan pula seri atau pengelompokan data, apakah berdasarkan baris (Series in Rows) atau kolom (Series in Column).

Untuk latihan, Pada pilihan Table, gunakan selection atau Query (data yang telah dipilih sebelumnya). Pilih field Pen_Laki, Pen_Perempuan, dan Total_Penduduk pada kotak Field from Table, kemudian klik Add>> agar pindah ke kotak Fields for Graph. Gunakan Up dan Down untuk mengatur field pada kotak Fields for Graph sehingga tampil seperti gambar di atas. Untuk pilihan Label with Column, pilih kabupaten, dan seri data gunakan Series in Rows. Klik OK, tampilkan grafik akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 14.4. Tampilan grafik untuk pertama kali.

Cara pembuatan grafik untuk tipe yang lain tidak jauh berbeda. Tetapi pada kesempatan ini tidak akan dibahas semua tipe grafik yang disediakan. Pada bagian akhir sesi ini akan ditampilkan beberapa contoh tipe grafik yang lain

Untuk pertama kali selesai dibuat, tampilan grafik seperti pada gambar di atas. Namun demikian, kita masih dapat memanipulasi dengan leluasa sesuai dengan kebutuhan.