Legenda Warna Gradual - ArcView Tutorial
Legenda Warna Gradual

Legenda simbul gradual biasanya digunakan untuk merepresentasikan tingkatan atau ranking dari data numerik. Legenda tipe ini hanya dapat digunakan untuk data titik dan garis. Di bawah ini adalah contoh legenda simbul gradual untuk menampilkan perbandingan jumlah penduduk pada setiap kota di meksiko.

a b

Gambar 3.57. Contoh legenda simbul gradual pada tipe data titik, (a) kotak dialog editor legenda, dan (b) tampilan hasil pengaturan pada peta.

Pada legenda simbul gradual, setiap kelas legenda diberikan warna dan macam simbul yang sama, tetapi dengan ukuran yang berbeda. Ukuran simbul menyatakan besarnya nilai atribut yang diwakili. Umumnya, semakin besar ukuran simbul semakin besar nilai yang diwakili.

Model pengaturan yang perlu dilakukan pada editor legenda simbul gradual hampir sama dengan legenda warna gradual. Beberapa yang berbeda diantaranya :

1. Standarnya simbul yang dipilih adalah lingkaran. Bila anda menginginkan simbul yang berbeda, anda dapat meng-klik dua kali simbul yang ada pada kotak tersebut, kemudian pilih simbul yang sesuai.

Gambar 3.58. Macam-macam simbul yang dapat digunakan.

2. Anda juga dapat mengatur besar kecilnya ukuran simbul, dengan memilih ukuran yang terkecil dan ukuran yang terbesar pada kotak pilihan Size Range.

3. Secara standar, ArcView tidak akan mengubah ukuran simbul bila skala peta diubah. Hal ini kadang kala membuat tampilan peta menjadi kurang bagus, pada skala yang kecil simbul akan terlihat terlalu besar, sebaliknya pada skala yang besar simbul akan tampak terlalu kecil. Untuk itu kita dapat mengatur perubahan ukuran simbul seiring dengan perubahan skala dengan mengklik tombol Advance seperti pada kotak dialog berikut.

Gambar 3.59. Kotak dialog advanced Options.

Aktifkan kotak cek Scale Symbol agar perubahan skala diikuti juga oleh perubahan ukuran simbul, kemudian isikan skala referensi pada kotak Reference Scale. Skala referensi berarti skala yang digunakan untuk menampilkan ukuran simbul yang sedang diatur. Bila skala diperbesar atau diperkecil dari skala referensi, ukuran simbul juga akan berubah secara proporsional sesuai dengan perubahan skala dari skala referensi. Mislanya pada contoh di atas ukuran simbul yang diatur pada skala 1:250.000 adalah 12 pt. Bila skala diperbesar menjadi 1:125.000, maka ukuran simbul akan menjadi 24 pt.