Sumber-sumber Data Grafis - Mapinfo Professional Tutorial
Sumber-sumber Data Grafis

Selama ini kita telah banyak menggunakan data grafis atau peta untuk latihan. Tetapi data tersebut telah disediakan tanpa pernah disinggung bagaimana cara memperoleh dan membuat data tersebut. Pada sesi ini kita akan belajar bagaimana cara membuat atau mendapatkan data grafis MI Pro. Paling tidak ada 4 cara untuk memperoleh data grafis MI Pro, diantaranya :

1.    Mi Pro biasanya menyertakan data sampel bila anda membeli software tersebut ataupun anda dapat men-download free data dari website MI Pro (http//www.mapinfo.com). Disamping itu, perusahaan MI Pro juga menjual data khususnya data dari negara-negara maju.

2.    Menggunakan data dari sumber program lain (import data). Data grafis yang biasa di-import adalah data dari MI Pro DOS, AutoCad, ArcInfo/ArcView. Import data MI Pro DOS dan AutoCad dapat dilakukan dengan menu Table - Impor. Di versi 7.0 MI Pro dapat membuka langsung Shapefile Arcview dari perusahaan ESRI. Pada versi sebelumnya, anda dapat menggunakan Arclink yang disediakan MI Pro untuk saling conversi data antara MI Pro dan ARC/INFO.

3.    Survei lapangan. Dengan menggunakan alat GPS (Global Position System), anda dapat mencatat koordinat suatu tempat atau lokasi, dan memetakannya dengan menggunakan fasilitas Create Points MI Pro. Disamping itu, anda juga dapat memetakan data alamat dengan Geocode. Lihat bab 'Regetrasi Data' untuk informasi lebih detail tentang Create Points dan Geocode.

4.    Menggunakan data visual atau hardcopy yang telah ada. Data ini berupa peta, citra (foto udara atau citra satelit), dan yang sejenisnya.

Pembahasan pada sesi ini difokuskan pada input data grafis MI Pro dari data visual peta. Disini akan dibahas 2 cara input grafis dari peta, yaitu pertama dengan digitasi layar (screen digitizing) dan yang kedua adalah menggunakan meja digitizer.