Digitasi Peta dengan Meja Digitizer - Mapinfo Professional Tutorial
Digitasi Peta dengan Meja Digitizer

Untuk tujuan tampilan, digitasi layar (screen digitizing) telah memberikan hasil yang memadai bila dilakukan dengan prosedur yang benar. Akan tetapi untuk tujuan analisis yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi disarankan input data grafis menggukan meja digitizer.

Pada digitasi layar, input data grafis dilakukan dengan penelusuran citra raster di layar monitor dengan menggunakan mouse. Sementara digitasi dengan meja digitizer, menggunakan peta, foto udara, atau yang sejenisnya dalam bentuk hardcopy sebagai sumber data dengan memakai alat pendigit (digitizing puck, mirif mouse tapi bukan mouse). Peta ditaruh di atas meja digitizer kemudian dilakukan penelusuran objek demi objek dengan alat pendigit. Dengan demikian, input data grafis dengan cara yang kedua memerlukan peralatan tambahan meja digitizer dan alat pendigit.

Agar peralatan di atas dapat berkeja dengan baik dan dapat dikenali oleh MI Pro, kita memerlukan interface atau driver yang tepat. MI Pro dapat menggunakan driver digitizer sebagai berikut.

- VTI Tablet Interface (versi 2.0 atau yang lebih tinggi).

- Wntab

VTI dan Wintab dapat digunakan untuk berbagai macam digitizer komersial. Versi terakhir dari VTI dan Wintab support untuk Windows XP, Windows 2000, Windows NT, dan Windows 95/98. Untuk memperoleh informasi lebih detail tentang kedua driver digitizer tersebut, anda dapat mengunjungi situs http://www.vtablet.com .