Geocoding secara Manual - Mapinfo Professional Tutorial
Geocoding secara Manual

Walaupun geocoding secara automatis memberikan hasil yang lebih cepat, namun cara tersebut akan baik bila nama jalan pada daftar alamat (Registrasi) mudah dilakukan maching dengan nama jalan pada data grafis jalan (Daftar_Jalan). Dalam beberapa hal geocoding, secara manual dapat memberikan alternatif bila cara pertama sulit dilakukan. Geocoding secara manual adalah proses penempatan record data alamat ke dalam peta jalan dengan mengklik lokasinya pada peta. Gunakan langkah-langlah berikut untuk melakukan geocoding secara manual, dengan masih menggunakan contoh data sebelumnya.

1.    Buka tabel Daftar_Jalan dan data alamat Registrasi.

2.    Buat tabel Registrasi menjadi Mappable, yaitu dengan menggunakan menu Table - Maintenamce - Table Structure, pilih Registrasi. Pada kotak dialog Modify Table Structure, isikan tanda cek pada Table is Mappable, seperti pada gambar berikut.

Gambar 11.9. Mengubah properti tabel menjadi Mappable.

3.    Aktifkan window peta Daftar_Jalan dengan mengklik judul windownya. Ambil menu Map - Layer Control. Pada kotak dialog layer control, tambahkan layer Regestrasi melalui Add. Ubah properti layer Regestrasi menjadi Editable. Kotak dialog Layer Control akan tampak seperti gambar berikut.

Gambar 11.10. Kotak dialog Layer Control.

4.    Agar kedua data tampil dalam satu window, klik menu Window - Tile. Tampilan kedua window tersebut adalah sebagai berikut.

Gambar 11.11. Tampilan data Daftar_Jalan dan Registrasi.

5.    Aktifkan windows browser Registrasi. Gulung dan pilih record yang akan di-geocode dengan mengklik kotak yang ada di depan record tersebut.

6.    Aktifkan window peta Regestrasi, Daftar_Jalan. Klik toolbar simbol () untuk penempatan titik pada peta. Arahkan dan klik pada posisi yang tepat dimana alamat tersebut akan diletakkan.

7.    Ulangi prosedur nomor 5 dan 6. Bila semua record telah selesai di-geocode, simpan tabel Registrasi dengan memilih menu File - Save Table.