Menggabungkan Objek yang Terpilih - Mapinfo Professional Tutorial
Menggabungkan Objek yang Terpilih

Penggabungan (combining) objek merupakan penyatuan beberapa objek menjadi satu objek. Penggabungan objek dapat dilakukan pada objek yang bersebelahan atau objek yag dipisahkan oleh objek lain. Ada dua cara penggabungan objek, yaitu pengabungan objek pada objek-objek yang terpilih dan penggabungan objek menggunakan kolom.

Penggabungan objek yang terpilih dilakukan pada data grafis melalui window peta. Urutan kerjanya adalah sebagai berikut.

1.    Buka peta yang objeknya akan digabung.

2.    Ubah properti layer tersebut menjadi Editable melalui layer control.

3.    Pilih beberapa objek yang akan digabung dengan alat pemillih objek (select tool). Sambil menekan tombol Shift dari keyboard, klik beberapa objek yang akan digabung. Tampilan layer yang terpilih seperti gambar berikut.

Gambar 12.9. Beberapa objek dipilih untuk digabungkan.

4.    Pilih menu Object - Combine, kotak dialog penggabungan data akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 12.10. Kotak dialog Data Agregation.

5.    Pilih metode penggabungan data untuk masing-masing field. Klik pada field yang ada di bagian atas kemudian pilih metode penggabungan datanya pada bagian bawah. Karena metode penggabungan data yang dipilih akan berpengaruh terhadap data atribut setelah data digabungkan, gunakanlah metode yang benar sesuai dengan kebutuhan. Lihat kemballi contoh penyatuan dan pemisahan data di atas. Klik OK, proses dan hasilnya akan tampak seperi gambar di bawah ini.

Gambar 12.11. Status progres penggabungan objek.

Gambar 12.12. Objek hasil penggabungan.