Legenda Nilai Unik - ArcView Tutorial
Legenda Nilai Unik

Legenda nilai unik cocok digunakan untuk data berkatagori atau data kualitatif. Berikut ini adalah contoh penggunaan legenda nilai unik untuk pemetaan penggunaan lahan.

a b

Gambar 3.60. Contoh legenda nilai unik pada tipe data area, (a) kotak dialog editor legenda, dan (b) tampilan hasil pengaturan pada peta.

Beberapa fasilitas yang berbeda pada legenda nilai ini bila dibandingkan dengan legenda yang telah dibahas di atas adalah:

1. Anda dapat memilih kombinasi warna sesuai dengan kebutuhan pada Color Scheme. Macam-macam pasangan warna yang disediakan seperti pada potongan gambar di bawah ini.

Gambar 3.61. Daftar pilihan color schemes.

2. Pada pilihan color scheme kombinasi warna pada tiap-tiap daftar pilihan adalah tertentu. Bila anda ingin mengubah warna setiap kelas secara acak anda dapat mengklik tombol Random Color ().

3. Simbul untuk data titik, jenis garis untuk data bertipe garis, dan model arsiran untuk data area dapat pula anda acak dengan meng-klik tombol Random Symbol (). Satu contoh model random simbol atau arsiran untuk data area seperti pada potongan gambar berikut.

Gambar 3.62. Contoh simbol random pada data area.

Catatan

Kita tetap dapat melakukan pengaturan warna dan model arsiran pada setiap kelas seperti yang telah dibahas pada legenda simbul tunggal.