Membuat Beberapa Ring Buffer - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Beberapa Ring Buffer

Pada topik pembuatan buffer sebelumnya, kita hanya membuat satu area buffer terhadap objek sentral. Sekarang kita akan membuat beberapa buffer pada suatu objek dengan menggunakan fasilitas Concentric Ring Buffers. Urutan kerjanya adalah sebagai berikut.

1.    Buka peta yang objeknya akan digunakan sebagai pusat buffer.

2.    Tandai (buat dan tandai) objek yang akan digunakan sebagai basis buffer.

3.    Aktifkan modul Concentric Ring Buffers melalui menu Tool - Tool Manager. Pada kotak dialog tool manager, aktifkan kotak cek Loaded pada tools Concentric Ring Buffers. Klik OK.

4.    Pilih menu Tools - Concentric Ring Buffers - Create Concentric Ring Buffers. Kotak dialog di bawah ini akan muncul.

Gambar 12.47. Kotak dialog Concentric Ring Buffer.

Isi dan modifikasi beberapa radius yang akan dipakai dengan menggunakan Add Ring, Modify Ring, Delete Ring, dan Clear All. Ingat memilih satuan yang sesuai pada Units. Karena pada proses ini akan menghasilkan tabel baru tentukan nama dan tempat penyimpanan tabel tersebut pada Table name dan Path. Isian yang lainnya gunakan nilai Default, Klik OK. Hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 12.48. Contoh concentric ring buffer pada gunung berapi dengan range 2 km untuk menentukan zone kawasan.

5.    Anda juga dapat melihat data tabular dari tabel yang terbentuk. Pada contoh ini, tampilan data tabular pada window browser dari tabel Ring_Buffer seperti gambar berikut.

Gambar 12.49. Window browser dari Ring_Buffer.