Peta Kisaran - Mapinfo Professional Tutorial
Peta Kisaran

Dengan peta kisaran, kita dapat mengelompokkan data atau record ke dalam kelompok tertentu, dan memberikan arsiran dan atau warna yang berbeda pada kelompok yang berbeda. Misalnya kita dapat melakukan pengelompokan data curah hujan dari peta curah hujan untuk membuat peta isohiyet, pengelompokan peta lereng menjadi peta kelas lereng, dan sebagainya. Karena pada peta kisaran akan dilakukan gruoping terhadap suatu nilai, maka tematik variabel harus bertipe numerik atau data kuantitatif.

Di bawah ini, kita akan membuat peta kisaran untuk melihat distribusi kepadatan penduduk di Benoa Afrika. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1.    Buka tabel Afrika untuk menampilkan peta Benoa Afrika.

2.    Pilih menu Map - Create Thematic Map. Pada kotak dialog langkah pertama pembuatan peta tematik, pilih Type - Range dan Template Name - Region Ranges Default, seperti pada gambar berikut.

Gambar 13.11. Kotak dialog Create Thematic Map ? Step 1 of 3.

3.    Klik Next untuk melanjutkan ke langkah kedua.

Gambar 13.14. Kotak dialog Create Thematic Map ? Step 2 of 3.

Pada table, pilih Afrika, dan pada Field gunakan Expression. Isikan pada kotak ekspresi, rumus untuk menghitung kepadatan (jiwa/mil2), seperti pada gambar di bawah ini. Lihat Bab 'Membuat Ekspresi untuk informasi lebih detail.

Gambar 13.15. Kotak dialog membuat ekspresi.

4.    Bila pengaturan sudah benar, Klik Next. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 13.16. Kotak dialog Create Thematic Map ? Step 3 of 3.

5.    Pilih Ranges untuk mengatur jumlah dan kisaran range.

Gambar 13.17. Kotak dialog Customize Ranges.

Pilih metode pembentukan range pada kotak pilihan Method, jumlah range pada # of Range, dan pembulatan angka pada Round by. Pada contoh ini digunakan metode Equal Count, jumlah range 8, dan pembulatan 10. Klik OK untuk mengakhiri pengaturan Range.

6.    Pada kotak dialog Create Thematic Map ? Step 3 of 3, Klik Style untuk mengatur arsiran dan atau warna tiap-tiap range.

Gambar 13.18. Kotak dialog Customize Range Style.

Ada beberapa pilihan yang mesti diatur, sebaiknya pada Auto Spread dipilih Color, pada Auto Spread Style by digunakan RBG (red, blue, green). Bila gradasi warna yang diinginkan seragam, pada Inflection at pilih None, pada Apply pilih All Atributes. Sekarang tinggal pengatur arsiran dan atau warna pada range tertinggi dan terendah seperti pada gambar di bawah ini. Warna diantaranya akan dibuat secara automatis diantara dua warna yang ditentukan.

Gambar 13.19. Kotak dialog Region Style.

Tentukan pula arsiran dan atau warna pada data/peta di luar kisaran range yang ditentukan, dengan mengklik Style for "All Others" Range.

7.    Bila pengaturan sudah cukup, klik OK dua kali, hasilnya akan nampak seperi pada gambar berikut.

Gambar 13.20. Peta thematic kisaran Benoa Afrika.

8.    Untuk memodifikasi tampilan peta tematik yang telah dibuat, anda dapat melakukan salah satu dari 3 cara berikut ini, dan cara ini berlaku untuk semua jenis peta tematik yang akan dibahas selanjutnya.

-         Memilih menu Map - Modify Thematic Map. Bila hanya ada satu peta tematik yang aktif, kotak dialog modify thematic akan langsung ditampilkan. Tetapi jika ada lebih dari satu, daftar pilihan berikut akan muncul. Pilih salah satu peta tematik yang akan dimodifikasi.

Gambar 13.21. Daftar pilihan peta tematik yang dapat dimodifikasi.

-         Klik 2 kali pada legenda peta tematik yang akan diedit.

-         Aktifkan peta tematik yang akan diedit, kemudian dari menu Map pilih Layer Control. Kotak dialog layer control akan ditampilkan seperti gambar berikut.

Gambar 13.22. Kotak dialog layer control.

Layer peta tematik selalu ditempatkan di atas peta dasarnya. Pilih salah satu layer peta tematik yang akan dimodifikasi, kemudian pilih Thematic. Informasi lebih detail tentang layer control dapat dilihat pada bab 'Pemetaan dengan Layer'.

Cara manapun yang digunakan dalam memodifikasi peta tematik, akan memunculkan kotak dialog modify thematic map berikut.

Gambar 13.23. Kotak dialog modify thematic map.

Pengaturan selanjutnya adalah sama seperti langkah ketiga dalam pembuatan peta tematik seperti telah dibahas di atas. Pilih OK jika modifikasi telah selesai dilakukan, atau Cancel untuk membatalkan perbaikan yang telah dilakukan.