Legenda Grafik - ArcView Tutorial
Legenda Grafik

Legenda grafik digunakan untuk menggambarkan data numerik sekaligus untuk beberapa nilai atribut. Legenda model ini dapat digunakan untuk data titik, garis, dan area. Berikut ini adalah contoh legenda grafik untuk membandingkan jumlah penduduk laki-laki, perempuan, dan total keseluruhan penduduk antar kabupaten/kota di Propinsi Bali.

a b

Gambar 3.64. Contoh legenda grafik, (a) kotak dialog editor legenda, dan (b) tampilan hasil pengaturan pada peta.

Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam pembuatan legenda grafik adalah :

1. Tentukan field dari data atribut mana yang akan digunakan dalam pembuatan grafik. Pilih beberapa field yang ada pada kotak Fields disebelah kiri kemudian pindahkan ke kanan dengan meng-klik tombol Add. Apa bila ada field yang salah masuk, klik Delete. Atur simbul dan warna yang akan digunakan untuk masing-masing komponen grafik pada kotak di bawah Symbols.

2. Ada dua macam grafik yang disediakan, yaitu grafik kolom dan grafik lingkaran. Pilih salah satu grafik yang akan digunakan dengan jalan meng-klik gambar grafik yang ada pada Chart Type.

3. Bila diperlukan atur juga warna background peta tersebut dengan meng-klik kotak Backround Symbol. Anda juga dapat menentukan warna untuk data yang kosong dengan mengklik Null Symbol dengan terlebih dahulu menentukan field yang berisi data kosong tersebut pada tombol angka nol ().

4. Hal penting yang juga perlu diatur adalah tinggi maksimun, tinggi minimum, dan lebar kolom untuk grafik tipe kolom. Untuk grafik tipe lingkaran, ukuran maksimum lingkaran, ukuran minimum, dan field yang digunakan untuk membedakan secara proporsional antara data yang satu dengan yang lain perlu juga ditentukan. Kotak dialog Properties untuk grafik tipe kolom dan lingkaran adalah sebagai berikut.

a b

Gambar 3.65. Kotak dialog Chard Properties, (a) Grafik tipe kolom, dan (b) Grafik tipe lingkaran.

Di bawah ini disajikan contoh legenda grafik tipe lingkaran dengan menggunakan field Total sebagai pembeda ukuran grafik antara kabupaten/kota yang satu dengan yang lainnya.

Gambar 3.66. Contoh tampulan peta dengan legenda grafik lingkaran.