Skala peta - Mapinfo Professional Tutorial
Skala peta

Skala peta merupakan komponen yang penting dalam layout peta. Perlu diketahui bahwa pengaturan zoom yang dibahas di atas tidak akan berpengaruh terhadap skala. Zoom in dan zoom out hanya mengubah bentuk tampilan peta di layar monitor. Ada dua hal yang mempengaruhi skala, yaitu ukuran frame pada window layout dan zoom peta pada window peta (berbeda dengan zoom in dan zoom out).

Bila anda telah menetapkan ukuran frame karena menyesuaikan dengan ukuran kertas yang digunakan, maka anda harus menggunakan zoom peta dalam mile dengan rumus sebagai berikut.

Contoh, bila kita ingin membuat peta dengan skala 1 : 250.000 denga lebar frame 8 inchi, maka Zoom peta yang harus digunakan adalah :

Untuk mengubah zoom peta pada window peta, anda dapat menggunakan menu Map - Change View, akan tampil kotak dialog berikut.

Gambar 15.13. Cara mengubah zoom peta, yaitu pada Zoom (Window Width).

Sebaliknya bila zoom peta telah ditentukan, anda harus menyesuaikan lebar frame dengan rumus sebagai berikut.

Sebagai contoh, apabila zoom peta telah ditentukan 20 mile dan akan membuat peta dengan skala 1 : 100.000. berapa lebar frame yang harus digunakan?

Untuk mengubah lebar frame, klik 2 kali frame peta pada layout, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 15.14. Mengatur lebar frame objek.

Untuk membuat skala grafis atau skala batangan (scale bar), anda harus mengaktifkan modul ScaleBar MI Pro dari menu Tools - Tool Manager. Pada kotak dialog Tool Manager, gulung ke bagian bawah cari modul Scalebar, kemudian aktifkan kotak cek Loaded untuk mengaktifkan modul ScaleBar sementara, atau Autoload untuk mengaktifkan ScaleBar secara permanen.

Untuk mulai membuat Skala batangan, ambil menu Tools - Scalebar - Draw ScaleBar. Atau klik toolbar . Kotak dialog Warning akan muncul seperti berikut.

Gambar 15.15. Kotak dialog Warning pertama dalam pembuatan ScaleBar.

Bila anda telah penetapan skala dengan rumus di atas, klik Ignore. Kotak dialog Warning berikutnya akan muncul sekali lagi.

Gambar 15.16. Kotak dialog Warning kedua dalam pembuatan ScaleBar.

Klik OK, kotak dialog Draw Distance Scale in Mapper akan muncul sebagai berikut.

Gambar 15.17. Kotak dialog Draw Distance Scale in Mapper.

Isikan lebar Scalebar pada Width of scale bar, perbandingan antara lebar dan tinggi pada Width to Height Ratio, dan satuan panjang yang digunakan pada Units. Anda juga dapat mengatur warna, bentuk garis, dan format label dari ScaleBar tersebut pada pilihan Fill color for scale bar, Pen color for scale bar, dan font for scale bar label. Klik OK, Scalebar akan ditempatkan di pojok kiri bawah seperti gambar di bawah ini.

Gambar 15.18. Tampilan ScaleBar.

Anda dapat memindahkan ke tempat yang sesuai pada window layout dengan cara menandai seluruh komponen scalebar (sebaiknya menggunakan toolbar select ), lalu drag ke tempat yang diinginkan. Anda juga dapat melakukan editing pada bagian-bagian Scalebar tersebut dengan meng-klik 2 kali.

Sebenarnya bila anda telah mengatur skala dengan rumus di atas, anda dapat menggambar skala grafis secara manual dengan menggunakan alat-alat penggambar (drawing tools). Buat lebar kotak sesuai dengan skala.

Komponen scalebar disimpan pada layer kosmetik. Untuk itu, bila anda ingin menyimpan scalebar simpan dengan Save Workspace.