Menambah Logo pada Peta - Mapinfo Professional Tutorial
Menambah Logo pada Peta

Anda dapat menambahkan logo ke dalam layout peta dengan cara sebagai berikut.

1.    Gunakan menu File - Open untuk membuka logo anda. Logo biasanya disimpan dalam format raster (BMP, GIF, JPG, dll). Oleh sebab itu pada kotak dialog open file pilih raster image pada File of Type, kemudian cari file logo yang akan dibuka. Tampilan kotak dialog open file raster seperti pada gambar berikut.

Gambar 15.28. Kotak dialog open file logo.

2.    Klik Open. Bila muncul konfirmasi, apakah logo tersebut akan ditampilkan atau diregistrasi, pilih ditampilkan (Display) seperti kotak dialog berikut.

 

Gambar 15.29. Konfirmasi penampilkan logo di layar.

3.    Setelah Display di-klik, Logo akan ditampilkan di window peta sebagai berikut.

Gambar 15.30. Tampilan logo di window peta.

4.    Sekarang aktifkan window layout dengan mengklik judul windownya. Klik toolbar Frame () kemudian klik dan drag di window layout dimana logo akan ditempatkan. Kotak dialog objek frame akan ditampilkan.

Gambar 15.31. Kotak dialog objek frame.

5.    Pilih Window peta dimana logo ditampilkan, dalam hal ini 'Unud_Bersih Map' Klik OK. Tampilan logo pada window layout adalah sebagai berikut.

Gambar 15.32. Tampilan logo pada window layout.

Bila posisi logo tidak sesuai dengan kebutuhan, anda dapat memindahkan ke tempat yang diinginkan dengan men-drag seperti cara yang telah dibahas di atas.

Faislitas penyisipan Frame ini juga dapat digunakan untuk membuat Inset Peta. Buka peta yang akan digunakan sebagai inset kemudian dengan cara yang sama, anda dapat menyisip?kan Inset tersebut ke dalam layout.