Menghapus Area dengan Luasan Kecil - Mapinfo Professional Tutorial
Menghapus Area dengan Luasan Kecil

Adanya area atau poligon dengan luasan yang kecil sering bukan disebabkan karena hasil overlay melainkan disebabkan oleh adanya kesalahan digitasi. Batas daerah yang sama didigitasi berbeda pada peta yang berbeda, sehingga dapat menghasilkan poligon sliver. Semakin banyak poligon sliver dalam peta hasil overlay semakin kurang menarik tampilkan layout peta. Oleh sebab itu, poligon-poligon semacm ini perlu dihilangkan. Urutan kerja menghilangkan poligon sliver adalah sebagai berikut.

1.    Aktifkan window peta 'Peta_Erosi'. Bila belum dibuka, Open terlebih dahulu. Melalui layer control ubah propertinya menjadi Editable.

2.    Dari menu Query pilih Select All from Peta_Erosi untuk menandai seluruh objek dalam peta tersebut.

3.    Pilih menu Objects - Snap/Thin. Kotak dialog berikut akan muncul

Gambar 16.36. Kotak dialog Snap/Thin.

Aktifkan kotak cek Enable Polygon Area Thinning pada bagian paling bawah. Kemudian pada kotak Minimum Area, isikan daerah yang lebih kecil atau sama dengan berapa akan dihapus. Tentukan pula satuannya pada Area Unit. Pada gambar di atas, daerah yang dihapus adalah daerah yang lebih kecil atau sama dengan 1 ha. Proses di atas telah menghapus 25 poligon.

4.    Bila proses telah selesai, lakukanlah packing data pada 'Peta_Erosi' untuk penyegaran data (menghilangkan data yang terhapus dari tabel). Gunakan cara yang telah dibahas di atas.