Menandai Record pada Tabel - ArcView Tutorial
Menandai Record pada Tabel

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang data atribut atau tabel, kita akan belajar terlebih dahulu cara memilih atau menandai (select) data karena akan menjadi dasar terhadap pem?bahasan yang lain.

Mengingat data grafis selalu terkoneksi dengan data atribut. Pemilihan data pada data atribut juga akan menandai data grafis pada record yang bersesuaian, begitu pula sebaliknya. Per?hatikan gambar di bawah ini.

Gambar 4.9. Data grafis dan atribut saling terkoneksi.

Data yang ditandai baik pada data atribut maupun data grafis biasanya berwarna kuning. Anda dapat mengganti warna tersebut dengan warna lain. Caranya adalah aktifkan window projek, pilih Properties dari menu Project. Klik tombol Selection Color kemudian tentukan warna yang diinginkan, seperti pada gambar berikut.

a b

Gambar 4.10. Kotak dialog properti projek (a) dan daftar pilihan warna (b).

Menandai data dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama penandan data secara langsung. Cara pertama dapat dilakukan pada tabel (penandaan record) dan pada view (penandaan objek). Kedua penandaan data dengan menggunakan fasilitas query. Cara kedua ini dapat dilakukan pada tabel ataupun pada view.