Membuat Grafik - ArcView Tutorial
Membuat Grafik

Grafik dan Laporan adalah dua bentuk keluaran (output) dari ArcView, disamping peta. Grafik dan laporan merupakan output data atribut ArcView, sedangkan peta merupakan keluaran data grafis ArcView. Dalam pembahasan ini grafik dibedakan dengan data grafis. Grafik adalah presentasi data atribut dalam bentuk gambar atau simbul. Sementara data grafis merupakan data yang menggambarkan bentuk dan kenampakan obek dipermukaan bumi yang mengacu pada theme dan view.

Karena grafik dibuat dari data atribut, maka data atribut yang akan digunakan sebagai basis dalam pembuatn grafik harus diaktifkan terlebih dahulu. Contoh di bawah ini, kita kembali akan menggunakan data Pro_bali.shp untuk pembuatan grafik. Lihat Bab ?Mengelola Tabel? untuk penjelasan lebih detail tentang cara menampilkan data atribut. Di bawah ini disajikan tampilan data atribut Pro-bali.shp sebagai berikut.

Gambar 6.1. Tampilan data atribut Pro_bali.shp

Langkah-langkah pembuatan grafik adalah sebagai berikut.

1. Pilih beberapa record yang akan digunakan sebagai grafik. kalau kita tidak menentukan pilihan, ArcView akan menggunakan semua record. Pada contoh ini kita menggunakan 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Jembrana, Gianyar, Denpasar, dan Bangli.

Gambar 6.2. Tampilan data atribut Pro_bali.shp

2. Pada posisi data atribut sedang aktif, dari menu Tabel pilih Chart. Kotak dialog berikut akan muncu.

Gambar 6.3. Kotak dialog Chart Properties

3. Isilah nama grafik yang akan dibuat pada kotak Name, secara default akan diberi nama chart1, chart2, dan seterusnya. Pilih beberapa field yang akan digunakan sebagai group grafik dengan cara menandai field pada kotak Fields, kemudian klik Add. Hanya field yang bertipe numerik saya yang ditampilkan pada kotak Fields. Contoh ini menggunakan 3 field, yaitu Laki, Perempuan, dan RT yang masing-masing menyatakan jumlah penduduk laki-laki, perempuan, dan jumlah rumah tangga. Pilih pula field yang akan digunakan sebagai seri label pada kotak Label series using. Pada latihan ini dibunakan Kabupaten. Bila diperlukan anda dapat mengisi catatan tantang grafik ini pada kotak Command. Bila pengaturan telah selesai dilakukan, klik OK. Tampilan grafik akan tampak sebagai berikut.

Gambar 6.4. Tampilan grafik pada saat pertama kali dibuat.