Membuat Label Interaktif - ArcView Tutorial
Membuat Label Interaktif

Pemberian label dengan cara di atas dilakukan secara manual karena teks pada label kita ketikkan sendiri. Pada pembuatan label secara interaktif dengan menggunakan toolbar label (), kita tidak perlu mengetikkan teks label secara manual, melainkan teks label dapat diambil dari data atribut. Dengan mengaktifkan toolbar label dan meng-klik objek tertentu pada view, maka teks pada data atribut dari objek tersebut akan ditampilkan secara automatis.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum anda melabeli peta dengan cara ini, diantaranya :

1. Peta atau theme yang akan dilabeli harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkan theme telah dibahas pada Bab ?Bekerja denan View'? Anda dapat mengaktifkan beberapa theme sekaligus dan melabelinya secara bersamaan.

2. Anda harus menentukan field mana yang digunakan sebagai label dan di bagian mana posisi label pada objek akan ditempatkan. Pengaturan ini dapat dilakukan pada menu Theme - Properties pada pilihan Text Labels, perhatikan kotak dialog berikut ini.

Gambar 7.3. Kotak dialog properti theme pilihan Text Labels.

Yang penting mendapat perhatian dari kotak dialog di atas adalah :

- Label Field, Isikan field yang akan dijadikan label. Pada contoh di atas digunakan Kabupaten.

- Position of text relative to label point, Ini menyatakan di bagian mana label akan ditempatkan secara relatif dari objek. Pada gambar di atas, lingkarang merupakan objek yang akan diberikan label. Defaultnya teks ditempatkan di tengah.

- Scale Labels, Bila kotak cek ini diaktifkan berarti ukuran teks label akan disesuaikan dengan skala peta. Bila skala peta diperbesar, ukuran label ikut diperbesar dan sebalik?nya. Sebaikknya pilihan ini diaktifkan.

Gambar 7.4. Efek scale labels, di bagian kiri tanpa dan di kanan dengan scale labels.

Perlu diketahui bahwa kotak dialog text labels seperti di atas akan muncul bila jenis theme yang aktif atau yang diatur propertinya bertipe titik atau area. Akan tetapi jika tipe theme-nya bertipe garis, maka kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 7.5. Kotak dialog properti theme pilihan Labels untuk tipe garis.

Ada 2 pilihan yang lain dari kotak dialog sebelumnya, yaitu Aligment Relative to Line dan Aligment Along Length. Aligment Relative to Line menunjukkan posisi relatif label terhadap garis, ada 3 pilihan, yaitu Above, On, dan Below. Untuk garis datar above, On, dan Below masing-masing berarti teks label akan ditempatkan di atas, pada, dan di bawah garis. Sedangkan untuk garis yang tegak, above berarti teks label akan dimulai dari atas ke kebawah di sebelah kanan garis, sementara below teks label akan dimulai dari bawah ke atas di sebelah kiri garis.

Aligment Relative to Line merupakan posisi teks label berhubungan dengan panjang garis. Standarnya teks label akan ditaruh ditengah-tengah. Terdapat 5 pilihan, yaitu Before, At Start, Midway, At End, dan After.

Beberapa contoh penggunaan Label Above dan below ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Gambar 7.6. Contoh beberapa penggunaan teks label pada data tipe garis.

3. Jenis, ukuran, dan style font yang akan digunakan pada teks label dapat diatur melalui menu Window - Show Symbol Window atau tekan Ctrl+P melalui keyboard. Kotak dialog berikut akan muncul. Bila Font belum muncul, klik toolbar .

Gambar 7.7. Pemilihan font untuk teks label.

Cara penggunaan label interaktif adalah, lakukan tiga langkah di atas, kemudian klik toolbar . Ada beberapa pilihan model tampilan label, selengkapnya diuraikan pada tabel berikut.

Tabel 7.2. Macam-macam toollabel.

No

Toolbar

Nama

Cara Penggunaan

1

Label

Klik pada tempat dimana label akan ditempatkan.

2

Callout Label

Klik pada bagian peta yang akan dilabeli dan drag ketempat dimana label akan ditampilkan.

3

Bullet Leader Label

Sama dengan Callout label.

4

Banner Label

Sama dengan Label

5

U.S. Interstate

Sama dengan Label, tetapi biasanya digunakan untuk aplikasi di Amerika Serikat

6

U.S. Route

Sama dengan U.S. Interstate

7

Generic State Highway

Sama dengan U.S. Interstate

8

Generic Square Highway

Sama dengan U.S. Interstate

9

Generic Oval Highway

Sama dengan U.S. Interstate

Dari toollabel di atas, hanya nomor 1 sampai 4 yang biasa digunakan. Contoh penggunaan toollabel yang dipadukan dengan tooltext disajikan pada gambar di bawah ini.

Gambar 7.8. Contoh penggunaan toollabel dan tooltext pada peta.