View and Theme - ArcView Tutorial
View and Theme

View adalah peta interaktif yang dapat digunakan untuk menampilkan, memeriksa, memilih, dan menganalisis data grafis. View tersimpan pada projek ArcView yang sedang aktif.

Melalui View, kita dapat menentukan data mana yang akan digunakan dalam projek ArcView dan bagaimana data tersebut akan ditampilkan. View tidak menyimpan data grafis yang sebenarnya, melainkan membuat referensi tentang data grafis mana saja yang terlibat. Ini berarti View bersifat dinamik. Perubahan pada sumber data yang direferensi secara automatis akan menyebabkan perubahan pada view.

View sebenarnya merupkan kumpulan dari Theme. Theme adalah satu set data grafis yang mewakili satu tema data di permukaan bumi. Misalnya data daerah administrasi, data jalan, data kota dan sebagainya. Lihatlah ilustrasi gambar di bawah ini untuk memudahkan pemahaman tentang View dan Theme.

Gambar 3.1. View merupakan bagian dari Projek dan Theme adalah bagian dari View.

Pada gambar di atas, projek amerika.apr terdiri dari 2 view, yaitu Canaca dan USA. Sedangkan view USA terdiri dari 3 theme, yaitu Cities.shp, Roads.shp, dan States.shp.

Theme yang merupakan satu layer data grafis dapat berasal dari :

- Data spasial seperti coverage ARC/INFO, Shapefile ArcView atau layer data yang diorgani?sasi oleh Spasial Database Engine (SDE) ESRI.

- Data yang dihasilkan oleh software CAD seperti AutoCAD.

- Data citra seperti citra digital satelit.

- Data tabel yang mengandung informasi koordinat geografis XY.

Catatan

Mengingat layer tidak menyimpan data yang sebenarnya, melainkan hanya mencatat referensi theme yang digunakan, pengapusan atau penggantian nama theme akan menyebabkan theme tersebut tidak dapat ditampilkan kembali dalam view.