About

I Wayan Nuarsa lahir di Desa Gunaksa, Klungkung Bali, pada tanggal 20 Oktober 1968, Redite Umanis Ukir. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di Klungkung pada tahun 1987, dia melanjutkan kuliah di Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Udayana, dan tamat tahun 1992, tercepat diangkatannya dengan penghargaan IP tertinggi dari Ketua Jurusan Tanah. Saat kuliah, dia sempat mendapat beasiswa Tunjangan Ikatan Dinas (TID). Karena beasiswa inilah akhirnya dia bisa diangkat menjadi Dosen di instansi tempat kuliahnya pada tahun 1993. Tiga tahun setelah diangkat, dia melanjutkan studi S2 di Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta pada tahun 1996, bidang remote sensing dan GIS, dan selesai tahun 1998 dengan predikat Cum Laude. Kuliah S3-nya dimulai lagi tahun 2008 di Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Udayana. Program ini hanya sempat diikuti selama satu semester, sebelum akhirnya dia melanjutkan studi ke Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Jepang tahun 2009, dengan beasiswa dari Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) dan selesai tahun 2012..

Sebelum menjadi dosen, dia pernah menekuni komputer baik hardware maupun software (program aplikasi dan programming), dan pernah bekerja di Citra Computer Center yang kini menjadi Balisoft sebagai instruktur komputer dari tahun 1992 sampai 1996.

Selama menjadi dosen, dia telah mempublikasi cukup banyak jurnal baik di tingkat nasional maupun internasional. Tiga tahun terakhir, sebanyak 6 jurnal internasional telah dipublikasi sebagai penulis utama dan 3 jurnal internasional sebagai penulis sekunder, dan beberapa jurnal lainnya dimuat di tingkat nasional. Jurnal-jurnal tersebut telah dan akan diterbitkan di Kanada, Inggris, Jepang, dan Indonesia. Disamping menulis jurnal, dia juga sering membawakan makalah di forum nasional dan internasional. Selama tiga tahun terakhir ada 6 makalah telah dipresentasikan di tingkat internasional dan 3 makalah di tingkat nasional.

Disamping menulis modul kuliah dan praktikum, dia juga aktif menulis buku. Ada 4 buah buku yang telah diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Andi Yogyakarta dan Gramedia Jakarta dan telah beredar di seluruh Indonesia serta telah dicetak dalam beberapa edisi. Rektor Universitas Udayana sempat memberikan penghargaan sebagai dosen yang produktif menulis buku.

Selain bertugas di Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Unud, dia juga aktif membantu mengajar dan meneliti di Central for Remote Sensing and Ocean Science (CReSOS) sebagai research associate dan associate professor. Di samping itu dia juga peneliti aktif di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup.

Dia juga mempunyai kegemaran membuat program komputer dan website. Saat ini sudah puluhan software komputer yang telah dibuat untuk kepentingan sosial, edukasi dan bisnis. Di bagian website, dia telah membuat 2 website untuk kepentingan sosial, 4 website untuk tujuan pendidikan, 3 website untuk internet marketing, dan 2 website untuk tujuan bisnis. Website kalenderbali.org dan alapirabi.org adalah 2 website sosial yang sudah terkenal di masyarakat dengan pengunjung sekitar 3 – 5 ribu visitor per hari, dan widget Kalender Bali Digital telah direferensi oleh ribuan website dan blog. Di samping itu, dia juga mempunyai 11 blog untuk tujuan edukasi dan referensi dan 1 blog untuk motivasi dan inspirasi.

Beberapa penghargaan telah diraihnya. Disamping sebagai dosen tersertifikasi pertama di Universitas Udayana tahun 2008, di tahun yang sama dia juga sempat menjadi dosen berprestasi di Fakultas Pertanian Unud, dosen berpresrasi I di Universitas Udayana, Peneliti berprestasi senior II bidang eksata di Universitas Udayana tahun 2012, dan dosen berprestasi II tingkat universitas tahun 2013. Program komputer Kalender Bali yang telah dikembangkan selama belasan tahun, sudah memperoleh Hak Cipta dari Menteri Kehakiman dan HAM Republik Indonesia.

Di samping bergelut di bidang pendidikan dan penelitian, bersama adik sepupu dan kakak tertuanya, dia juga seorang interpreneur yang telah mengembangkan berbagai segmen usaha, mulai dari Rental Video, Internet, Game On-line, Toko Komputer, sampai Salon dan Spa. Sekitar 50 karyawan telah direkrut untuk bekerja dengannya.