About

I Wayan Nuarsa lahir di Desa Gunaksa, Klungkung Bali, pada tanggal 20 Oktober 1968, Redite Umanis Ukir. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Dawan Klungkung pada tahun 1987, dia melanjutkan kuliah di Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Udayana, dan tamat tahun 1992, tercepat diangkatannya dengan penghargaan IP tertinggi dari Ketua Jurusan Tanah. Saat kuliah, dia rajin mengikuti berbagai kegitan kemahasiswaan dan pernah menjadi juara I Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP) tingkat Universitas dan mewakili Unud di Tingkat Nasional. Dia juga sempat mendapat beasiswa Tunjangan Ikatan Dinas (TID). Karena beasiswa inilah akhirnya dia bisa diangkat menjadi Dosen di instansi tempat kuliahnya pada tahun 1993. Tiga tahun setelah diangkat, dia melanjutkan studi S2 di Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta, yaitu pada tahun 1996, bidang remote sensing dan GIS, dan selesai tahun 1998 dengan predikat Cum Laude. Kuliah S3-nya dimulai lagi tahun 2008 di Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Udayana. Program ini hanya sempat diikuti selama satu semester, sebelum akhirnya dia melanjutkan studi ke Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Jepang tahun 2009, dengan beasiswa dari Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) dan selesai tahun 2012.

Sebelum menjadi dosen, dia pernah menekuni komputer baik hardware maupun software (program aplikasi dan programming), dan pernah bekerja di Citra Computer Center yang kini menjadi Balisoft sebagai instruktur komputer dari tahun 1992 sampai 1996.

Selama menjadi dosen, dia aktif ikut dalam berbagai kegiatan penyusunan dokumen dan kepanitiaan penting di Universitas Udayana, beberapa diantaranya:

  • Sekretaris Panitia Penyesuaian Statuta Universitas Udayana tahun 2016.
  • Sekretaris Panitia Penyusunan Renstra Universitas Udayana 2015-2019.
  • Ketua Tim Pengembang QS Star Universitas Udayana tahun 2016-2017.
  • Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor 2017-2021.
  • Sekretaris Panitia Pembentukan Bali Center Sustainable Finance Universitas Udayana 2017.
  • Ketua Panitia Penyusunan Draft Peraturan Rektor tentang Kelulusan Mahasiswa 2018.
  • Sekretaris Panitia Penyunanan Rencana Pengembangan Akademik Jangka Panjang (RPAJP). Universitas Udayana 2020-2040.
  • Sekretaris Panitia Penyusunan Renstra Universitas Udayana 2020-2024.
  • Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Universitas Udayana 2021-2025.
  • Ketua Pusat Layanan Tes TOEP dan TKDA Sertifikasi Dosen Universitas Udayana 2012-2017.
  • Ketua Panitia Pemilihan Dosen Berprestasi Universitas Udayana 2019.
  • Ketua Tim Tracer Study Universitas Udayana 2018-2020.
  • Sekretaris Panitia Penyusunan Peraturan Senat tentang Pemilihan Ketua dan Sekretris Senat Universitas Udayana 2021.
  • Sekretaris Panitia Penyusunan Peraturan Senat tentang Pemilihan Anggota Senat Universitas Udayana Wakil Dosen 2021.
  • Sekretaris Panitia Penyusunan Renstra Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana 2021.

Di luar Universitas Udayana, dia pernah menjadi tim ahli di beberapa institusi baik sebagai tim peneliti maupun penyusunan kajian akademik, diantaranya di Pemda Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Dinas Perkebuanan Provinsi Bali, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara, Pemda Kabupaten Klungkung, Pemda Kota Denpasar, Pemda Kabupaten Badung, Japan International Cooperation Agency.(JICA), dan sebagainya.

Jabatan Struktural yang pernah diemban adalah sebagai berikut:

  • Ketua Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Unud 2012-2014.
  • Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Program Pascasarjana Unud 2014-2016.
  • Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Program Pascasarjana Unud 2016-2017.
  • Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan (WD1) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana 2017-2021.
  • Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana 2021-Sekarang.

Sepanjang karier sebagai dosen, dia telah mempublikasi cukup banyak jurnal baik di tingkat nasional maupun internasional. Tiga tahun terakhir, sebanyak 6 jurnal internasional telah dipublikasi sebagai penulis utama dan 3 jurnal internasional sebagai penulis sekunder, dan beberapa jurnal lainnya dimuat di tingkat nasional. Jurnal-jurnal tersebut telah dan akan diterbitkan di Kanada, Inggris, Jepang, dan Indonesia. Disamping menulis jurnal, dia juga sering membawakan makalah di forum nasional dan internasional. Selama tiga tahun terakhir ada 6 makalah telah dipresentasikan di tingkat internasional dan 3 makalah di tingkat nasional.

Disamping menulis modul kuliah dan praktikum, dia juga aktif menulis buku. Ada 4 buah buku yang telah diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Andi Yogyakarta dan Gramedia Jakarta dan telah beredar di seluruh Indonesia serta telah dicetak dalam beberapa edisi. Rektor Universitas Udayana sempat memberikan penghargaan sebagai dosen yang produktif menulis buku.

Selain aktif mengabdikan diri pada Tri Dharma Perguruan Tinggi di program sarjana Fakultas Pertanian dan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud, dia juga mengajar dan membimbing di S2 Ilmu Lingkungan, S2 Pertanian Lahan Kering, S2 Agroekoteknologi, S3 Ilmu Lingkungan, dan S3 Ilmu Pertanian. Disamping itu, dia aktif membantu mengajar dan meneliti di Central for Remote Sensing and Ocean Science (CReSOS) sebagai associate professor. Dia juga tercatat sebagai peneliti aktif di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Unud.

Jabatan fungsional guru besarnya diperoleh pada tahun 2015 dalam bidang Remote Sensing. Sampai saat ini, dia merupakan profesor pertama bidang remote sensing di Universitas Udayana.

Dia juga mempunyai kegemaran membuat program komputer dan website. Saat ini sudah puluhan software komputer yang telah dibuat untuk kepentingan sosial, edukasi dan bisnis. Di bagian website, dia telah membuat 3 website untuk kepentingan sosial, 2 website untuk tujuan pendidikan, dan 5 website untuk tujuan bisnis. Website kalenderbali.org dan alapirabi.org adalah contoh website sosial yang sudah terkenal di masyarakat dengan pengunjung sekitar 10 Р15 ribu visitor per hari, dan widget Kalender Bali Digital telah digunakan oleh ribuan website dan blog. Dia juga mempunyai  web tutorial ArcVew GIS dan MapInfo Peofesional, 11 blog untuk tujuan edukasi dan referensi dan 1 blog untuk motivasi dan inspirasi. Di samping itu, dia juga aktif mengembangkan web yang dapat di-monetize berkerjasama dengan Google. Saat ini ada 4 website yang sudah dilengkapi Google Adsense.

Beberapa penghargaan telah diraihnya. Disamping sebagai dosen tersertifikasi pertama di Universitas Udayana tahun 2008, di tahun yang sama dia juga sempat menjadi dosen berprestasi di Fakultas Pertanian Unud, dosen berpresrasi I di Universitas Udayana, Peneliti berprestasi senior II bidang eksata di Universitas Udayana tahun 2012, dan dosen berprestasi II tingkat universitas tahun 2013. Program komputer Kalender Bali yang telah dikembangkan selama belasan tahun, sudah memperoleh Hak Cipta dari Menteri Kehakiman dan HAM Republik Indonesia.

Di samping bergelut di bidang pendidikan dan penelitian, bersama adik sepupunya, dia juga seorang interpreneur yang telah mengembangkan berbagai segmen usaha, mulai dari Rental Video, Internet Cafe, Game On-line, Toko Komputer dan SmartPhone, Bengkel Honda AHASS sampai Salon dan Spa. Sekitar 75 karyawan telah direkrut untuk bekerja dengannya.